Tahun 2010 adalah salah satu tahun yang cukup menyenangkan dalam hidup saya.

Saya ingin menguraikan secara singkat hal-hal yang terjadi di tahun 2010 ini secara kronologis.

Di awal tahun 2010, saya mengikuti beberapa course yang menarik di NTU, di antaranya adalah Logic Programming dan Microprocessor Programming. Dari kedua course ini, saya belajar banyak hal yang berhubungan dengan mesin. Ini adalah sesuatu yang sangat membantu saya untuk menjadi programmer yang lebih baik dari sebelumnya.

Setelah melewati semester kedua pada tahun pertama saya di NTU, saya menjalani libur yang sangat menyenangkan. Liburan ini diawali dengan pertama kalinya saya terjun langsung membantu pelatihan Tim Olimpiade Komputer Indonesia membantu Pak Suryana Setiawan, Ilham WK, dan Brian Marshal. Saya membantu menangani dua pelatnas terakhir, dan tugas itu ternyata sangat menantang. Salah satunya karena saya bertemu dengan teman-teman sepelatihan saya tahun lalu sebagai trainee saya. Beberapa dari mereka pernah melampaui kemampuan saya, sehingga saya termotivasi untuk belajar lebih banyak agar bisa menjadi trainer yang baik.

Pada Pelatnas 3 saya hanya datang mulai dari minggu kedua, diakibatkan oleh exam di NTU yang berpapasan dengan pelatnas ini. Sekedar informasi, Pelatnas 3 adalah pelatihan untuk 8 besar TOKI yang akan bertanding di APIO (Asia-Pacific Informatics Olympiad). Salah satu dari trainee di Pelatnas ini adalah trainee saya di SMA Negeri 1 Tangerang yang sudah saya latih selama dua tahun. Jadi, saya tidak terlalu nervous dalam memberikan pelatihan. Pelatihan berjalan cukup lancar, saya juga ditugaskan menerangkan beberapa materi pada pagi hari. Menjelaskan materi-materi adalah tugas yang cukup menyenangkan. Hanya saja, karena adanya ketimpangan dari segi kemampuan antara peserta veteran dan peserta pemula, terkadang saya agak bingung bagaimana cara memberikan materi yang baik. Akhirnya, saya memutuskan untuk menerangkan dari sedasar mungkin, tapi selalu berusaha agar tetap bisa “memberikan sesuatu yang baru” untuk veteran. Well, dengan sedikit berasumsi, saya pikir saya cukup berhasil.

Selesai pelatnas, saya memberikan pelatihan di SMA Negeri 1 Tangerang seperti biasanya. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat saya senangi karena saya dapat berbagi ilmu dengan junior-junior saya yang sedang mendalami hal-hal yang menjadi bagian dari keahlian saya. Berbeda dengan Pelatnas yang mana saya sudah bertemu dengan anak-anak yang sudah berpengalaman, di SMA Negeri 1 Tangerang saya berusaha untuk membina anak-anak dari tidak tahu apa-apa tentang pemrograman, hingga selevel OSN. Tantangannya sangat berbeda, sehingga pola pelatihannya pun sangat berbeda. Di Pelatnas, trainee diberikan latihan sebanyak mungkin dan materi sekadarnya saja. Tetapi, di sini saya meluangkan hampir seluruh waktu saya untuk menerangkan materi-materi kepada mereka, dan memperlihatkan kepada mereka bagaimana cara saya menyelesaikan soal-soal. Walaupun hasilnya tidak sebaik tahun lalu, tapi saya cukup yakin para trainee saya belajar banyak 🙂

Kegiatan pelatihan pun berlanjut di Pelatnas 4. Di sini, saya kembali membantu membina 4 besar TOKI 2010. Setiap dua hari sekali, saya membahas soal-soal IOI (tentunya sebagian saya perlu melihat solusinya) dan pada hari lainnya saya menemani mereka berlatih dengan soal-soal yang sudah ada.

Pada bulan Agustus, untuk pertama kalinya sejak tahun 2007 saya pergi ke OSN lagi. Kali ini bukan sebagai peserta, tetapi sebagai juri. Di sini, pertama kalinya saya mempropose soal yang akhirnya digunakan di sesi pemrograman di hari kedua. Soal yang saya propose adalah Missile dan Waterfall, di mana soal Waterfall terbukti menjadi soal tersulit di OSN ini karena membutuhkan teknik yang cukup tinggi. Di OSN ini, saya bisa bertemu dengan dosen-dosen dari berbagai universitas dan melihat apa yang terjadi di balik layar pelaksanaan OSN. Sungguh momen yang sangat berharga.

Selain memberikan pelatihan, saya pun menjalani latihan yang rutin. Mulai dari menyelesaikan soal-soal di Online Judge, belajar dari soal-soal Olimpiade yang sudah lewat, juga mengikuti pelatihan. Pelatihan yang berkesan bagi saya adalah pelatihan tim Binus. Pelatihan ini menurut saya pribadi kadang sulit kadang mudah. Tetapi, yang berkesan dari pelatihan ini sesungguhnya bukan pada sesi problem solvingnya, tapi melalui pelatihan ini saya bisa berkenalan dengan banyak orang-orang baru. Saya bisa bertemu dengan Suhendry Effendy (sebelumnya cuma sekedar tahu ada orang yang namanya Suhendry Effendy), Felix Jingga, Winardi Kurniawan, dan lain-lain. Selain itu, saya bertemu dengan pelatih saya di SMA dulu, Panji Kharisma, dan juga teman seperjuangan di TOKI 2008, Ricky Winata. Di pelatihan ini, saya berhasil membentuk beberapa kemampuan yang sebelumnya tidak saya miliki. Dan juga, rasa percaya diri.

Memasuki semester kedua di NTU, saya mendaftar berbagai course yang lebih berhubungan dengan Theoretical Computer Science. Salah satu pelajaran yang sangat berkesan bagi saya adalah Graph Theory oleh Asst. Prof. Dmitrii V Pasechnik. Course ini merupakan salah satu course di Mathematical Science yang saya ambil untuk memenuhi minor saya. Prof. Dima adalah guru yang sangat menyenangkan dan juga merupakan seorang matematikawan yang hebat. Di sini, pertama kalinya saya berhadapan langsung dengan matematikawan sekelas beliau. Beliau selalu memperlihatkan bagaimana seorang matematikawan berpikir dan memecahkan masalah, saya sangat beruntung bisa masuk ke kelas ini. Graph Theory di kelas ini sangat dalam dan juga dicampur-campur dengan berbagai area lain di Matematika sehingga saya sering harus berusaha sangat keras untuk memahaminya. Saya sangat jarang terlambat di kelas ini karena sangat menarik dan sulit. Dulu saya pernah terlambat lima belas menitan karena suatu hal, dan selama satu jam saya tidak mengerti apa-apa. Sekarang, saya sangat tertarik dengan Graph Theory. Bidang research saya pun saat ini berhubungan dengan Graph Theory, meskipun lebih ke arah algoritma yang praktikal.

Salah satu kelas yang menginspirasi saya adalah Linear Algebra II. Di kelas ini, saya berusaha mengejar ketertinggalan saya karena saya tidak pernah masuk Linear Algebra I sebelumnya. Akan tetapi, kelas ini tetap sangat menarik dan saya belajar banyak dari kelas ini.

Satu hal yang cukup menyenangkan di semester ini adalah URECA. URECA adalah research yang “dihadiahkan” kepada mahasiswa-mahasiswi yang memperoleh GPA di atas 4.50 dari skala 5.0. Research pertama saya berhubungan dengan algoritma pencarian jalur tercepat pada road network. Semoga saya bisa memperoleh banyak hal dari research ini.

Di semester ini, saya beserta kedua teman saya membentuk sebuah tim untuk ACM-ICPC, NTU GladiaToRs. Tim ini berhasil menjadi tim dengan urutan ke-10 di Hanoi (memperoleh Third Prize) dan memperoleh peringkat ke-5 di Jakarta. Istimewanya, tim ini merupakan salah satu dari dua tim NTU yang dinyatakan boleh berlaga di World Final di Egypt. Tetapi pada akhirnya, kami harus menyerahkan kesempata itu kepada NTU Pigeons, tim terbaik NTU saat ini. Go Pigeons! 🙂

Di TopCoder, perkembangan saya “sangat statis”. Bahkan, saya sempat jatuh ke biru lagi dan pada akhirnya, hingga sekarang saya masih kuning. Di tahun ini, saya pertama kalinya boleh mengikuti TCO dan berhasil memperoleh kaos ^_^

Pada liburan akhir tahun ini, saya diundang salah satu perusahaan software di Indonesia untuk mengikuti liburan di Puncak. Di sini, saya bertemu dengan Pak Wenas Agusetiawan yang merupakan salah satu legenda hacker di Indonesia 🙂 Saya senang karena saya bertemu dengan orang-orang baru yang juga berbagi pengalaman dengan saya. Untuk pertama kalinya, saya mengetahui dunia kerja itu seperti apa dan skill-skill seperti apa yang dibutuhkan.

Di tahun berikutnya, hal-hal yang ingin saya capai adalah:

– memiliki salah satu tim terbaik untuk CIDP
– menjadi juara regional
– menjadi merah di TopCoder
– meningkatkan GPA
– sukses dalam research saya (URECA)

Semoga semuanya berhasil tercapai di tahun 2011 🙂

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tuhan dan semua orang yang membuat tahun 2010 sebagai momen yang sangat indah dalam hidup saya. Selamat tahun baru 2011 untuk kita semua 🙂

Risan

Advertisements